ADVERTISER

HATI-HATI! Pemakai Batu Akik Ternyata Wudhunya Tidak Sah?

Diposting oleh Unknown

Share on :


Seriawan: Fenomena batu akik yang saat ini tengah menjamur ditengah masyarakat kita membuat semua kalangan masyarak berbondong-bondong membeli dan mengoleksi batu mulia ini. Setiap orang akan bangga bila dijarinya tersemat batu akik, apalagi dengan batu akik yang bernilai tinggi dan kadang dipercaya bisa memberi keberuntungan bagi sebagian orang. 

Seriawan: Mengoleksi apa saja tidaklah masalah, apalagi batu, namun yang salah adalah apabila kita percaya dengan batu tersebut dapat membawa  keberuntungan bagi diri kita. Bukankan ini adalah praktik tindakan musyrik kecil? tentunya kita sudah tau ganjaran apa yang akan diterima dari tindakan tersebut? Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa menjaga hati kita agar tetap teguh beriman dan bertauhid hanya kepadanya hingga  akhir hayat kita. aamin. Baiklah kali ini admin akan berbagi informasi sedikit tentang benarkan pemakai batu akik wudhunya tidak sah? dan tentu kita tahu jika wudhu tidak sah maka shalatpun tidak sah. Nauzdubillahimindzalik. . . Berikut ini penjelasannya yang dikutip dari situs konsultasisyariah  yang insya allah pemaparannya sesuai dengan dalil yang shahih dan bisa dipertanggungjawabkan . . . CEKIDOT. . .


Seriawan:  Kaidah yang berlaku dalam aturan wudhu, bahwa jika ada bagian anggota wudhu yang tertupi benda tertentu, sehingga menghalangi air untuk mengenai kulit, maka wudhunya batal dan wajib diulang. 

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan:

أَنَّ رَجُلًا تَوَضَّأَ فَتَرَكَ مَوْضِعَ ظُفُرٍ عَلَى قَدَمِهِ فَأَبْصَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: «ارْجِعْ فَأَحْسِنْ وُضُوءَكَ» فَرَجَعَ، ثُمَّ صَلَّى

"Ada seseorang yang berwudhu lalu dia membiarkan seluah satu kuku di jari kakinya tidak terkena air. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperhatikannya dan menyuruhnya,
”Kembali, ulangi wudhumu dengan baik.” Orang inipun mengulangi wudhunya, lalu dia shalat. (HR. Muslim 243).

Dalam riwayat Ahmad, dicertitakan:

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى رَجُلًا يُصَلِّي، وَفِي ظَهْرِ قَدَمِهِ لُمْعَةٌ، قَدْرُ الدِّرْهَمِ لَمْ يُصِبْهَا الْمَاءُ ” فَأَمَرَهُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُعِيدَ الْوُضُوءَ 

"Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat seseorang shalat, sementara di punggung kakinya ada selebar koin yang belum tersentuh air. Kemudian beliau menyuruh orang ini untuk mengulangi wudhunya". (HR. Ahmad 15495 dan dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth).

Seriawan:  Berdasarkan hadis di atas, para ulama menegaskan bahwa wudhu tidak sah, jika masih ada bagian anggota wudhu yang tidak terkena air. Meskipun itu hanya seluas koin atau kuku di jari kaki. Ketika wudhu batal, maka shalat yang dikerjakan juga batal.

Ketika menjelaskan hadis Umar di atas, an-Nawawi mengatakan:

فِي هَذَا الْحَدِيث : أَنَّ مَنْ تَرَكَ جُزْءًا يَسِيرًا مِمَّا يَجِب تَطْهِيره لَا تَصِحّ طَهَارَته وَهَذَا مُتَّفَق عَلَيْهِ

"Dalam hadis ini terdapat kesimpulan bahwa orang yang meninggalkan sebagian anggota yang wajib dibasuh maka wudhunya tidak sah. Ini perkara yang disepakati". (Syarh Muslim karya an-Nawawi, 3/132).

Nah sekarang permasalahannya adalah apakah menggunakan batu akik dapat membatalkan wudhu seseorang? ini penjelasannya:

Seriawan: Semakna dengan keringnya anggota wudhu adalah adanya bagian anggota wudhu yang tertutupi benda tertentu, sehingga air tidak bisa mengenai permukaan kulit anggota wudhu itu. An-Nawawi mengatakan:

إذا كان على بعض أعضائه شمع أو عجين أو حناء وأشباه ذلك فمنع وصول الماء إلى شيء من العضو لم تصح طهارته سواء أكثر ذلك أم قل

"Apabila sebagian anggota wudhu tertutup cat atau lem, atau kutek atau semacamnya, sehingga bisa menghalangi air sampai ke permukaan kulit anggota wudhu, maka wudhunya batal, baik sedikit maupun banyak. (al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 1/467).

Seriawan:  Sebagaimana lem, cat, kutek dan yang lainnya, cincin akik yang menutupi bagian jari tangan sehingga tidak terkena air, bisa membatalkan wudhu. Ini bisa kita saksikan, ketika ada cincin akik yang besar, dipakai agak ketat sehingga menutupi permukaan kulit yang tertutupi akik.

Seriawan:  Jika terjadi semacam ini, pemakai akik ketika wudhu, diharuskan memutar akiknya, ataupun mencopotnya untuk sementara waktu untuk memastikan seluruh permukaan jari tangannya terkena air. Dengan demikian, wudhunya sah.
Demikian, Allahu a’lam.

Baca Artikel Bermanfaat Lainnya dibawah ini yuk:
  1. Inilah Foto Jubah Nabi Muhammad SAW
  2. Inilah Kumpulan Kalimat Cinta Para Ulama
  3. Inilah Masjid yang Dibangun Oleh Makhluk Ghaib
  4. Kita Bisa Lakukan Sendiri Totok Wajah
  5. Kumpulan Tips Perawatan Kaki Indah dan Sehat
  6. Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Kita
  7. Mari Konsumsi Coklat untuk Kecantikan
  8. Mengatasi Kejang Demam


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 01.09.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar