ADVERTISER

Inilah Bahayanya Buka Busi Saat Mesin Motor Masih Panas, cekidot

Diposting oleh Unknown

Share on :

SERIAWAN - Buat cowok,,tentu sudah tidak asing lagi dengan kalimat busi di motor,, nah kenapa bahaya dengan busi ? ini jawabannya yang dilansirkan dalam situs VIVA Busi merupakan sebuah perangkat yang akrab dengan pengendara motor. Bagi yang sering wara-wiri dengan motor kesayangan, sepertinya sudah paham betul cara bongkar busi sendiri. Sebab, di setiap motor dewasa ini, pabrikan telah menyediakan toolkit yang isinya terdapat kunci busi.

SERIAWAN - Namun demikian, ada sebagian pihak yang sembarangan bongkar-pasang busi. Padahal, setiap busi memiliki spesifikasi masing-masing. Mesti ukuran dratnya sama, bisa saja panjangnya berbeda. Kalau salah pilih, bisa gawat.

SERIAWAN - Misalnya, Anda memakai busi yang pendek, ternyata pakai busi yang dratnya panjang. Bisa-bisa dihajar piston atau klep. Alhasil klep jadi bengkok.Sebaliknya, jika Anda menggunakan busi dengan drat pendek untuk motor yang mengharuskan busi dengan drat panjang, elektroda busi tidak akan sampai ke bakar. Meski di-starter puluhan kali pun, dijamin motor enggak bakal menyala.

SERIAWAN - Jika memilih businya sudah benar, Anda tinggal pasang lagi. Tetapi, sebaiknya jangan terlalu kuat saat ingin mengencangkan busi. Cukup dipasang hingga kencang saja. Mengapa?Dilansir WeloveHonda, kalau busi dikencangkan dengan kuat-kuat, bisa jadi elektroda busi akan jadi lebih masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini tentunya berisiko busi ketabrak klep. Tinggal menunggu yang kalah duluan saja. Antara busi yang pecah, atau klep yang bengkok.

SERIAWAN - Pastikan juga busi yang dipasang tidak terlalu kendur. Risikonya, busi bisa terpental. Kompresi ruang bakar yang tinggi akan meluncurkan busi seperti roket. Jangan dianggap lelucon, sebab pernah ada kasus mobil yang terkena luncuran busi dan langsung penyok. Terbayang jika kena kaki pengendara lain.

SERIAWAN - Terakhir, jangan membuka busi saat keadaan mesin masih panas. Lebih baik sabar sebentar menunggu mesin sedikit mendingin. Sebab, membuka busi saat keadaan mesin panas akan membuat drat busi cepat dol.Kalau drat busi sudah dol, obatnya cuma dua, pertama beli head silinder baru, yang kedua mesti membuat ulang drat busi di tukang las bubut.

BACA JUGA NE GAN ARTIKEL KEREN LAINNYA :
  1. Inilah Batu Akik Berlafaz Allah
  2. Inilah Batu Zamrud Terbesar di Dunia
  3. Inilah Beberapa Penyakit yang Membuat Kita Malu


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 03.07.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar