ADVERTISER

Udah Tau Belom: Inilah Alasan Kenapa Al-Quran Dimulai dengan Surat Al-fatihah

Diposting oleh Unknown

Share on :

 
Seriawan: Al-quran adalah kitab suci ummat islam. Kitab ini diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu'alaihiwasallam melalui perantaraan malaikat Jibril. Al-quran merupakan kalamullah yang dijadikan petunjuk bagi kehidupan ummat manusia. Al-quran akan terjaga keasliannya hingga hari kiamat kelak. pada kitab ini terdapat 144 surat yang diawali dengan surat Al-fatihah dan diakhiri dengan surat An-nas. Namun tahukan kamu kenapa al-quran dimulai dari surat Al-fatihah? penasaran seperti apa penjelasannya? yuk ikuti penelusurannya dibawah ini yang dikutip dari kumpulanmisteri.

Seriawan: Kenapa surat al-Qur’an dimulai dengan surat al-Fatihah? Pasti banyak orang yang akan mempertanyakan hal tersebut, padahal Al-Fatihah bukanlah surat yang pertama diturunkan oleh Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW. Tentu saja hal ini membuat bingung orang-orang, kenapa Al-Qur’an tidak disusun berdasarkan urutan ia diturunkan? Nah, karena kebingungan itu lah kita kali ini berkumpul untuk membicarakannya, untuk mengetahui alasan mengapa Al-Fatihah yang dipilih menjadi pembuka untuk al-Qur’an, dan bukan surat Al-Alaq yang pertama turun ayatnya.

Ini Alasan Kenapa Al-Qur’an Dimulai dengan Surat Al-Fatihah

Seriawan: Jika kita bertanya mengenai “kenapa surat al-Qur’an dimulai dengan surat al-Fatihah?” mungkin kita harus melihat kepada cara pengurutan suratnya, ada dua yaitu:

1. Ijtihadi
Seriawan: Penyusunan Al-Qur’an secara ijtihadi yaitu berarti penyusunan Al-Qur’an yang didasari usaha berpikir para sahabat, dimana hal itu termasuk Utsman dan yang lain-lain. Bukti dari ini adalah karena pada jaman dahulu beberapa mushaf memiliki urutan yang jauh berbeda dengan Al-Qur’an yang kita kenal saat ini. Sebagai contohnya adalah susunan Al-Qur’an milik sahabat nabi, Ali, dimana susunannya diurut berdasarkan penurunan ayat dari surat tersebut, atau disebut asbabun Nuzul. Dengan susunan tersebut, maka jelas yang menjadi surat pertama adalah surat al-Alaq mengingat itu juga surat yang memulai perjuangan Nabi besar Muhammad SAW untuk menyebarkan Islam di tanah Arab dan untuk ke seluruh dunia nantinya.

2. Tauqifi
Seriawan: Penyusunan al-Qur’an secara Tauqifi adalah yang kedua, dimana penyusunan ini menurut petunjuk langsung dari Rasulullah SAW, dan tidak ada sangkut pautnya dengan pemikiran dari pada sahabat. Nah, dari sinilah kemungkinan alasan mengapa surat al-Fatihah menjadi surat pertama yaitu karena sesuai dengan petunjuk langsung dari Nabi Muhammad SAW. Ini juga sesuai dengan arti dari nama surat Al-Fatihah sendiri, yaitu pembuka.

Adapun Keuntungan Sering Membaca Surat Al-Fatihah: 

Seriawan: Ternyata, ada keuntungan yang bisa diperoleh dari membaca surat al-Fatihah, seperti apa yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW pada Abu Sa’id ketika beliau sedang. Dosa-dosa orang tersebut di dunia akan diampuni seluruhnya oleh Allah SWT Kebaikan yang telah dilakukan akan langsung diterima di sisi-Nya. Memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pemilik alam semesta, yaitu Allah SWT. Bisa terhindar dari murka Allah SWT yang amat sangat dahsyat.

Seriawan: Jika sering membaca Al-Fatihah, maka niscaya lidah mereka akan terbebas dari panasnya api neraka nanti. Ketika ada di dalam kubur, mereka akan terbebas dari azab Allah. derajat para pembaca surat Al-Fatihah di surga nanti jadi lebih tinggi dibandingkan yang tidak membaca. Rumah dari mereka yang sering membaca Al-Fatihah biasanya aman dari hal-hal buruk kecuali kematian.

Seriawan: Membacanya sebelum tidur bisa melindungi kecuali dari kematian. Membaca surat Al-Fatihah dianggap juga sama dengan bersedekah emas. Dengan membaca satu ayat surat Al-Fatihah, satu pintu neraka tertutup untuk orang tersebut. Membaca Al-Fatihah dan dikombinasikan ayat kursi serta dua ayat dari surat Ali Imran setelah selesai melakukan shalat akan dihadiahi surga oleh Allah. Kita dianggap sudah membaca Injil, Taurat, dan Zabur.

Seriawan: Dengan begini, diharapkan sudah jelas mengenai pertanyaan “kenapa surat al-Qur’an dimulai dengan surat al-Fatihah?”

 BACA JUGA ARTIKEL ARTIKEL DIBAWAH INI YUK:

  1. Kisah Banjir Besar Nabi Nuh AS Ada Kaitannya Dengan Indonesia? Ini dia Penjelasannya
  2. Lifestyle Wanita ynag Ternyata Belum Banyak Diketahui Pria
  3. MIRIS! Perguruan Tinggi Di Indonesia Kalah Jauh dengan Singapura dan Malaysia, Ini Faktanya.
  4. Inilah Hal yang Sering dilakukan oleh perempuan Yang Menyebabkannya Masuk Neraka
  5. Inilah Kesalahan-kesalahan Seputar Mandi Junub yang Sering Dilakukan
  6. Inilah Kisah Ketika Malaikat Maut Menyesal Karena Tidak Jadi Mencabut Nyawa Orang Ini


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 07.05.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar