Advertisement

Ini Dia Fakta-fakta Unik Tentang Bendera Merah Putih Yang tidak Banyak Diketahui Orang Indonesia

Diposting oleh Susan Merah

Share on :

 
SERIAWAN: Kita tentu sangat bangga akan bendera kebangsaan kita merah putih. Untuk mengibarkan bendera ini pada zaman dulu pahlawan kita sampai menumpahkan darah dan juga berjuang hingga titik darah penghabisan. Tidak sedikit pejuang yang mati dan juga kehabisan harta bende dan kehilangan sanak saudaranya. Tentunya sebagai generasi penerus bangsa kita harus menghargai jasa-jasa pahlawan tersebut dan melanjutkan perjuangan pahlawan agar kedepannya Indonesia menjadi lebih maju. Berbicara soal bendera merah putih, Taukah kamu bahwa ada fakta-fakta unik dibalik bendera kebangsaan kita ini? Berikut ini pemaparannya yang dikutip dari Palingseru.

Dalam memilih warna serta lambang dari sebuah bendera di setiap negara, pastilah memiliki alasan, maksud serta arti tertentu, seperti bendera Merah Putih Indonesia. Masyarakat Indonesia memilih warna merah dan putih bertujuan untuk menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia sesungguhnya. warna merah berarti berani, sedangkan warna putih berarti suci. Kata berani melambangkan masyarakat Indonesia yang sangat berani melawan para penjajah, sedangkan suci melambangkan kesucian hati masyarakat Indonesia untuk memerdekaan negara Indonesia.

Arti itu, semua orang Indonesia pasti tahu, tapi ada banyak fakta dibalik bendera Merah Putih Indonesia. Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini.

1. Asal Usul Bendera Indonesia

Bendera Merah putih Indonesia ternyata terinspirasi dari Bendera Empayar Majapahit yang berwarna merah putih garis kecil. Kemudian, Bendera Merah Putih Indonesia juga menjadi inspirasi negara lain, seperti Singapura, Sang Saka Malaya dan Bendera Rakyat (sebelum kemerdekaan Malaya), lalu menjadi inspirasi pula kepada Pan Malaysian Islamic Party (PAS) dan United Malays National Organisation (UMNO).

2. Kain Istimewa untuk Sang Merah Putih
Bahan kain untuk membuat bender Merah Putih adalah katun dari Jepang. Sebab, katun dari Jepang saat itu menjadi kain terbaik yang banyak digunakan untuk membuat bendera.

3. Sang Saka Merah Putih Pernah Robek

Sejak tahun 1968, Sang Saka Merah Putih tidak pernah dikibarkan lagi, sebab faktor usia yang sudah tua. Bendera tersebut hanya disimpan di Istama Negara. Dan saat ini yang sedang di kibarkan adalah  duplikatnya yang terbuat dari kain sutera.

4. Bendera Pertama Kali Dijahit Oleh Seorang Wanita

Bendera Merah putih pertama kali dijahit oleh ibu negara yaitu Fatmawati. Bendera ini memiliki ukuran 276 x 200 cm.

5. Pengibaran untuk Pertama Kalinya

Bendera Merah Putih pertama kali dikibarkan pada saat Ir Soekarno memproklamirkan teks proklamasi. Kemudian, bendera Merah Putih itu pun disebut  sebagai “Sang Saka Merah Putih”.

6. Makna Warna Merah dan Putih

Makna dari warna bendera Merah Putih sungguh sangat luar biasa. Merah berarti berani dan raga, sedangkan putih berarti kesucian dan jiwa. Itu artinya Merah Putih berarti Jiwa raga rakyat Indonesia.

7. Bendera Merah Putih Punya Tiga Nama

Bendera Merah Putih ini ternyata memiliki tiga nama julukan loh, diantaranya adalah Bendera Pusaka, yaitu bendera yang pertama dijahit oleh Ibu Fatmawati, sering disebut dengan ‘Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih’. Sang Saka Merah Putih, yaitu julukan kehormatan terhadap bendera Merah Putih Negara Indonesia.
Dan yang terakhir adalah Sang Merah Putih / Sang Dwiwarna adalah sebutan untuk setiap bendera Republik Indonesia yang berkibar di setiap upacara bendera.

8. Ada Aturan dalam Mengibarkan Bendera Merah Putih

Mengibarkan Bendera Merah Putih tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, sebab ada aturan untuk mengibarkan bendera Merah Putih yang tercantum dalam Pasal 33 UUD 1945 dan UU No. 24 tahun 2009 serta PP No. 40 tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.

9. Sang Saka Merah Putih tetap menjadi Tamu Utama di Upacara Istana Negara

Sang Saka Merah Putih tetap menjadi tamu istimewa setiap tahunya di Istana Negara. Sang Saka Merah Putih ini akan dibawa oleh para paskibra dengan baki, dan kemudian diberikan ke Presiden untuk ditukarkan dengan duplikatnya, dan duplikatnya lah yang dikibarkan.

10. Yang tidak boleh Dilakukan Terhadap Bendera Merah Putih

Bendera Merah Putih tidak boleh dirusak, dirobek, di hina, dan sebagainya. Bendera Merah Putih harus selalu dihormati.

11. Penggunaan Bendera Merah Putih

Dari tanggal 14 hingga 20 Agustus, masyarakat Indonesia sudah harus mengibarkan bendera Merah Putih didepan rumahnya. Kantor-kantor, sekolah dan lainnya juga harus mengibarkan bendera Merah Putih.


Nah, itulah dia fakta-fakta dibalik Bendera Merah Putih.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA DIBAWAH INI :
  1. "Tragedi Idul Fitri di Tolikara Karena Speaker Masjid. . . ", Ada apa Dengan JK?
  2. "WTS" Ini Bikin Geger Karena Mengaku Memberikan "Jasa"nya pada Ustad Kondang! 
  3. 2 Animator Indonesia ini terlibat di Film Avengers: Age of Ultron
  4. 5 Hal yang Bisa Merusak Senyuman anda
  5. 7 artis paling ganteng di Indonesia
  6. 99% Orang Indonesia Tidak Tahu Kalau 2 Tokoh Ini Pernah Menjadi Presiden RI
  7. ALAMAK,,Kok bisa ya Situs Propam Polri Di RETAS dengan Meme Hadang Moge,ne fotonya 
  8. ALAMAK,Anggota Polri Di Jambi Ini Gabung dengan ISIS,sekarang udah Tewas karna kena bom Amerika, Ne fotonya
  9. ANak DURHAKA : Cewek ini Menyewa Pembunuh Bayaran untuk Membunuh Ibu Kandungnya,Ini fotonya
  10. ASTAGFIRULLAH! Israel Bangun Tempat Mabuk-mabukan Di atas Makam Sahabat Nabi SAW! [FOTO]
  11. AWAS, Buruan cek sajadah kamu sekarang,,ada terselip Gambar-gambar " TIDAK SENONOH" didalamnya,,ce


susan merah -
SERIAWAN Updated at : 05.06.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar