ADVERTISER

Inilah Fakta Mengerikan Saat Letusan Gunung Krakatau Pada Tahun 1883

Diposting oleh Unknown

Share on :


Mungkin Kamu sudah pernah mendengar sejarah gunung meletus yang Dahsyat di Indonesia Malah seluruh dunia,yaitu Gunug Krakatau,,saat ledakan gunung krakatau sangat mengerikan,,saking mengerikan,,sebagian orang mengatakan akan terjadi kiamat,,seperti yang dilansirkan dalam blognya WOW MENARIKNYA Itu adalah beberapa gambaran mengerikan saat Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883. Berikut inibeberapa hal mengerikan lainnya tentang letusan Krakatau ketika itu.

Setara dengan 30.000 kali Bom Atom Hiroshima

Satu ledakan bom atom saja sampai meratakan sebagaian besar Kota Hiroshima, di Jepang. Terbayang jika bom atom itu dijatuhkan sebanyak 30.000 kali?Hal itulah yang terjadi ketika Gunung Krakatau Meletus. Ilmuwan mengatakan kekuatannya setara dengan 30.000 kali bom atom di Hiroshima. Oleh sebab itu daerah di sekitar Krakatau tidak ada yang tersisa.


Salah satu yang membuat letusan ini menimbulkan korban jiwa yang banyak adalah karena gelombang tsunami. Longsoran batu yang dihasilkan dari letusan tersebut telah menciptakan gelombang tsunami setinggi 40 meter.Tak hanya itu, air gelombang tsunami sebagian besar bercampur dengan lava panas dan materi-materi beracun. Sehingga siapapun yang terkena air tsunami akan meninggal dalam sekejap.

Perubahan iklim global dan Bumi jadi gelap

Letusan Krakatau membuat Bumi jadi gelap gulita selama beberapa waktu. Hal itu dikarenakan debu vulkanis menutupi atmosfer Bumi sehingga cahaya matahari tidak mampu menembusnya. Setidaknya, 20 juta ton sulfur dilepaskan ke atmosfer yang menyebabkan musim dingin vulkanik selama 5 tahun.

Ketinggian kabut asap pada fase terakhir juga mencapai ketinggian 80 km di atas permukaan tanah. Tak hanya membuat Bumi jadi gelap, abu vulkanik yang disemburkan Krakatau juga membuat Bulan terlihat berwarna biru.

Suara letusan terdengar sampai sejauh 4.600 kilometer

Saking dahsyatnya letusan Krakatau kala itu, suaranya sampai terdengar sejauh 4.600 kilometer. Beberapa negara seperti Sri Lanka, hingga Australia turut mendengar suara keras letusan Krakatau. Ilmuwan mencatat letusan tersebut merupakan suara paling keras yang pernah di dengar di muka Bumi.siapapun yang berada di radius 10 kilometer, maka orang tersebut akan jadi tuli karena suara keras itu menghancurkan gendang telinganya.



Menyebabkan gelombang tsunami setinggi 40 meter

Saking dahsyatnya letusan Krakatau kala itu, suaranya sampai terdengar sejauh 4.600 kilometer. Beberapa negara seperti Sri Lanka, hingga Australia turut mendengar suara keras letusan Krakatau. Ilmuwan mencatat letusan tersebut merupakan suara paling keras yang pernah di dengar di muka Bumi.Bahkan, siapapun yang berada di radius 10 kilometer, maka orang tersebut akan jadi tuli karena suara keras itu menghancurkan gendang telinganya.

Begitulah extremenya Gunung Krakatau meledak,,berharap anak krakatau jangan terjadi seperti ibunya krakatau ya gan,,dan baca juga ne artikel keren dibawah ini,,



susan merah -
SERIAWAN Updated at : 05.05.00

{ 0 komentar... or add one}


Posting Komentar